Motivasi Berprestasi

Motivasi Berprestasi

Daftar Isi

Motivasi berprestasi adalah dorongan internal atau eksternal yang mendorong seseorang untuk mencapai hasil yang lebih baik, berprestasi, atau mencapai tujuan tertentu.

Apakah #temanpembelajar mempunyai motivasi berprestasi dalam hidup ?harus punya dong.

motivasi berprestasi

Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi

Menjadi pelajar yang berprestasi menjadi suatu pilihan. Karena, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi juga. Secara teori, faktor yang melatarbelakangi seorang dapat berprestasi atau tidak, tergantung pada motivasi diri. berikut, faktor yang mempengaruhinya :

Motivasi Internal

Motivasi dalam diri, muncul dan akan menjadikan seorang bersinar manakala motivasi dalam diri ini dimiliki penuh oleh seorang pelajar. Dia merasa punya kekuatan lebih dan itu bisa mendorong kemampuannya untuk tampil menjadi pelajar yang punya ciri khas. Punya kekuatan dari dalam dirinya dan biasanya akan berdampak bagus pada proses belajarnya.

Motivasi Eksternal

Sangat berbeda dengan motivasi eksternal. Tatkala seorang [elajar hanya mengandalkan motivasi eksternal saja, ketika dorongan dari orang sekitar tak didapatkan, justru pelajar tersebut tidak akan berkembang sesuai harapan manakala mendapati tantangan dalam proses belajarnya.

Begitupun sebaliknya. Jika pelajar tersebut mendapatkan sokongan penuh dari luar, akan menuai keberhasilan yang nyata.

Memiliki Tujuan yang Jelas

Memiliki tujuan hidup yang jelas. Ketika seseorang memiliki tujuan yang spesifik dan terukur, mereka cenderung lebih termotivasi untuk berusaha menuju pencapaian tujuan yang diinginkan.

Menyukai Tantangan

Memiliki tujuan yang jelas dalam hidup, membuat diri akan terpicu dan selalu bersemangat dalam mencapai tujuan. Biasanya, orang tersebut akan selalu ingat dengan tujuan hidup yang ingin dicapainya.

Penghargaan dan Pengakuan

Penghargaan dan pengakuan dari orang-orang sekitar turut mempengaruhi motivasi berprestasi seseorang. Biasanya, mereka akan merasa dianggap ada. Dianggap bahwa kemampuannya layak diakui. Sekecil apapun itu. perhargaan dan pengakuan dari orang-orang sekitar mampu membangkitkan semangat untuk mencapai tujuan hidup.

Percaya Diri

Percaya diri menjadi ujung tonggak seseorang, agar mau dan mampu bergerak sebagaimana mestinya seorang pelajar. Punya percaya diri untuk bertanya, menjawab pertanyaan dari guru, dan pada konteksnya seorang pelajar dapat percaya diri mencapai prestasi dengan bekal ilmu pengetahuan dan wawsan yang telah dia pelajari.

Kepuasan Pribadi

Kepuasaan pribadi, akan mucul setelah kamu (pelajar) mencapai semua yang diinginkan dengancara dan usaha terbaikmu. Seberapapun pencapaian yang di diperoleh, akan menemukan rasa kepuasan tersendiri, dan bisa menikmati betul setiap prosesnya.

Belajar dari Kegagalan

Namanya proses, tidak mungkin sekali mencoba akan meraih keberhasilan. justru, dari kegagalan kita akan tahu, apa saja yang perlu dibenahi dan dievaluasi. Selama kita berproses dengan cara yang jujur, insha allah, keberhasilan akan menjadi suatu target yang membuat diri kita pantang menyerah untuk meraihnya. Jadi, tetaplah berjuang apapun kondisinya.

Akhir Kata

Sudah siap menjadi juara dengan menjadi yang terbaik versi dirimu, pembelajar / yuk, teruslah semangat apapun kondisinya agar dirimu selalu menjadi pribadi yang tangguh. berprestasi itu bonus. Segala proses yang dituju dengan kejujuran dan keuletan, insha allah akan lebih berkah hasilnya.



Refleksi Diri


  1. Menurutmu, motivasi berprestasi itu apa ?
  2. Apa saja yang mempengaruhi motivasi berprestasi ?

Posting Komentar