Studi Kasus

Studi Kasus

Daftar Isi

Halo #temanpembelajar. Berbicara terkait kenakalan remaja, wajar tidak jika remaja berulah ? melakukan suatu pelanggaran yang dapat merugikan orang lain ?

Jawab dengan jujur ya, dan berikan alasan terbaik versi dirimu.

Sekarang, jawab pertanyaan berikut dengan jujur dan tulus. Jawaban anda, tidak akan mempengaruhi nilai, penilaian sikap atau apapun yang ada kaitannya dengan pembelajaran di sekolah.

  1. Pelanggaran apa yang pernah anda lakukan di SMP N 8 Kediri
  2. Kenapa anda melanggar aturan sekolah ? apa alasannya ?

Sekarang, analisa kasus berikut ini :

Berikan jawaban terbaikmu.

1. Seorang anak laki-laki, tidak dirawat sama sekali oleh orangtua kandungnya. Lantaran kehadirannya begitu mendadak dan membuat orangtuanya tidak sanggup untuk merawatnya sejak bayi. Msalah ekonomi menjadi penyebab utamanya.

Beruntung, masih ada pamannya yang peduli merawat anak laki- laki itu. Sejak bayi, hingga kini berusia 15 tahun. Anak laki-laki itu, tumbuh menjadi anak yang pemalu. Pun tidak peduli dengan keberadaan orangtuanya. Sebab, orangtuanya tidak pernah memberikan kasih sayang penuh. Membiayai sekolah saja tidak. Apalagi hanya sekedar menengok, membelikan jajan/ ajak ngobrol ? tidak pernah.

Menurut pendapat anda, bagaimana anak laki-laki itu harus bersikap ?

2. Anak perempuan terlanjur cinta dengan teman sebayanya. Menjadikan anak perempuan itu larut dalam dunia luar, yaitu gabung menjadi anak punk. Orangtua sudah berusaha mencari, bahkan membujuk dan memberikan nasehat terbaik agar anak perempuan kembali pulang dan sekolah seperti sedia kala. 

Yang orangtua tahu, mereka sudah lebih dari cukup memberikan kasih sayang. Ibu kerja serabutan, bapaknya seorang buruh tani. Namun, ujian kehidupan siapa yang tahu. Anak perempuannya, kini hamil diluar nikah. Membesarkan putrinya dengan status nikah muda.

Menurutmu, sikap anak perempuan itu harus bagaimana ?




Posting Komentar