Manfaat Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Remaja

Manfaat Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Remaja

Daftar Isi

Masih banyak saya temukan, beberapa anak remaja yang enggan sarapan pagi. Mungkin karena tidak sempat sarapan, belum terbiasa atau jangan-jangan abai dengan sarapan pagi?

Menjaga asupan gizi seimbang bagi remaja adalah sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan .
Kemenkes Ri menyampaikan, sarapan itu penting bagi kesehatan tubuh. Bila tak sarapan, akan mempengaruhi aktivitas yang lain. Cenderung memilih jajan di luar yang tidak sehat, menurunkan aktivitas fisik serta tidak akan optimal buat belajar/berpikir karena perut belum terisi. Imbasnya kemana? ke emosi.

By thw way. Jawab pertanyaan bu Windi ya :
  1. Biasa sarapan pagi atau tidak ?
  2. Sering
  3. Kadang-kadang
  4. selalu
  5. tidak pernah

Tips Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Remaja

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat #temanpembelajar lakukan sebagai upaya menjaga asupan gizi seimbang bagi remaja:

1. Membiasakan Sarapan Pagi


Menyantap sarapan yang sehat akan jauh lebih baik bagi investasi kesehatan tubuh di masa depan. Ketimbang tidak sarapan, jajan diluar . Akan lebih mempengaruhi kerentanan fisik di masa tua. 

2. Makan Seimbang

Mengkonsumsi makan-makanan dari semua kelompok makanan. Jangan pilih-pilih. Sebab, tubuh juga butuh berbagai varian nutrisi untuk memenuhi kesehatan fisik.

3. Ukuran Porsi Sesuai

Anak remaja lebih banyak membutuhkan kalori. Namun, tidak berarti mengonsumsi porsi dalam jumlah yang besar. Intinya, harus ada kontrol untuk porsi makanan yang biasanya kita makan.

kebutuhan kalori anak remaja


4.Minuman yang Sehat

Upayakan minum air putih yang cukup. Hindari minuman yang cenderung berwarna seperti teh kotak, jelly drink, nutrisari, syrup, dll.
Apalagi minuman yang beralkohol. Jangan ya. 

5. Perhatikan Makanan Cepat Saji

Kurangi konsumsi makanan cepat saji yang cenderung tinggi lemak jenuh, gula tambahan, dan garam. Makanan cepat saji sebaiknya dihindari atau dikonsumsi secara terbatas. Beri batasan, misal, sebulan sekali.
Manfaat Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Remaja

6. Mengetahui Pendidikan Gizi

Bukan terlalu dini untuk tahu pendidikan gizi. Remaja harus respect (peduli) akan wawasan tentang pendidikan gizi sejak remaja. Pengetahuan pendidikan gizi inti tentu akan memudahkan remaja untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

Bila perlu , konsultasikan ke ahli gizi di puskesmas. Sebagai alternatif murah dan terjangkau tapi sudah dapat informasi yang lengkap.

Manfaat Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Remaja

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), pemberian nutrisi dari sumber makanan yang tepat bagi anak remaja memiliki tujuan :

  1. Pertumbuhan fisik, kognitif dan organ reproduksi semakin optimal.
  2. Agar tubuh tidak mudah sakit
  3. Mencegah munculnya penyakit diusia muda, seperti diabetes, osteoporosis dan kanker.
  4. Membiasakan gaya hidup sehat dengan menerapkan pembiasaan makan yang benar dan tepat.

Penutup

Kira-kira, #temanpembelajar kalau digambarkan seperti apakah dirimu (wahai remaja)?

Menjaga asupan nutrisi bagi remaja snagat penting. Menentukan perkembangan berikutnya. Sebab, perkembangan fisik yang tidak optimal akan mempengaruhi perkembangan emosional dan sosial di masyarakat. Yang berdampak juga pada sisi kehidupan lainnya. Misal, jika pertumbuhan fisik remaja tidak optimal. Sehingga menjadi remaja yang bertumbuh pendek. Bisa jadi, pembullyan akan terjadi.
remaja sehat



Referensi Pendukung

Kemdikbud, 2022. Manfaat Sarapan Abgi tubuh. Diakses Online Melalui Situs https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/manfaat-sarapan-bagi-tubuh

Aladokter,2022. Cari Tahu Kebutuhan Sumber Kalori. Diakses Online Melalui Situs https://www.alodokter.com/cari-tahu-kebutuhan-kalori-per-hari-untuk-menurunkan-berat-badan

IDAI. 2013. Nutrisi pada Remaja. Diakses Online Melalui https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-remaja

Posting Komentar