Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis Bagi Remaja

Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis Bagi Remaja

Daftar Isi

Remaja itu unik ya. Dengan segala kelebihan dan kekurangan diri. Terlebih ketika membicarakan kesehatan fisik dan psikis bagi remaja. Tetap harus care (peduli) untuk dijaga.

Bukan hanya hati mantan pacar yang dijaga :D. Kesehatan fisik dan psikis menjadi prioritas yang patut diupayakan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Yang Maha Esa.

pentingnya menjaga kesehatan fisik dan psikis

Kesehatan Fisik:

Sehat fisik, sangat menentukan #temanpembelajar dalam upaya "berpikir". Ketika perut kosong (lapar), otak tidak bisa diajak berpikir kan ?
Nah, oleh sebab itu menjaga kesehatan fisik amatlah penting. Ibarat kata, ketika fisik tak sehat, mau beraktivitas atau bermain pun cenderung malas. Badan terasa tidak fit, apalagi untuk buat mikir. Males kan.

Beberapa hal yang bisa #temanpembelajar upayakan untuk menjaga kesehatan fisik adalah :

1. Menjaga Asupan Gizi Agar Seimbang

Sebagai usaha menjaga kesehatan fisik, tubuh butuh asupan gizi seimbang dari makanan yang kita makan. Makan 3 kali sehari, makan sayur, buah-buah dan susu sebagai pelengkap. Serta makan lauk yang sehat dan bergizi. Bila digambarkan, kurang lebih begini takarannya :

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga asupan gizi seimbang bagi remaja:

  1. Pentingnya Sarapan: Membiasakan diri untuk sarapan pagi. Sarapan yang sehat memberikan energi yang diperlukan untuk memulai hari dengan baik.
  2. Makanan Seimbang: Upayakan mau menerima semua kelompok makanan. Seperti, buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein sehat seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.
  3. Ukuran Porsi yang Sesuai: memahami ukuran porsi yang tepat. Anak remaja seringkali membutuhkan lebih banyak kalori daripada anak-anak kecil, tetapi itu tidak berarti mereka harus mengonsumsi porsi yang sangat besar
  4. Variasi Makanan: Mau mencicipi variasi makanan untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan.
  5. Kontrol Makanan Ringan: Makanan ringan sering kali menjadi sumber kalori berlebih. Pastikan #temanpembelajar memilih makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, atau yogurt rendah lemak daripada makanan ringan yang tinggi gula dan lemak.
  6. Minuman yang Sehat: Hindari minuman beralkohol atau berkafein yang berlebihan. Susu rendah lemak dan jus buah tanpa tambahan gula juga bisa menjadi pilihan yang baik. Serta mengkonsumsi air putih 2 liter dalam sehari.
  7. Perhatikan Makanan Cepat Saji: Mengurangi makanan cepat saji dan sebaiknya dihindari atau dikonsumsi secara terbatas. Seperti burger, cilok, cimol atau jajajan sekolah lainnya yang cenderung berbau micin dan dibungkus plastik.
  8. Keterlibatan Remaja: Melibatkan remaja dalam proses perencanaan dan persiapan makanan dapat membantu mereka memahami pentingnya memilih makanan yang sehat.
  9. Pendidikan Gizi: Dengan browsing diinternet, #temanpembelajar akan lebih tahu pentingnya menjaga gizi seimbang. Mengetahui dampak pada kesehatan jangka panjang. Membantu mereka memahami alasan mengapa makan sehat penting dapat memberi mereka motivasi tambahan.
  10. Konsultasi dengan Ahli Gizi: Jika memiliki kekhawatiran tentang asupan gizi , berkonsultasilah dengan ahli gizi atau dokter.

2. Melakukan aktivitas Fisik

Aktivitas yang dimaksud adalah melakukan olahraga secara rutin. Atau melakukan aktivitas fisik bermanfaat yang sekaligus sebagai ruang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Tidur yang cukup

Kegiatan padat merayap sering kali membuat #temanpembelajar tak menghiraukan alarm dalam tubuh. Tiba-tiba, besoknya sakit. Lantaran hal itulah ketika badan merasa capek atau lelah, segera ambil jeda untuk melakukan istirahat yang cukup. Jangan memforsir tubuh. 

4. Hindari Kebiasaan Berbahaya 

Jangan sampai bersinggungan dengan kebiasaan merokok, minum alkohol atau mengkonsumsi obat terlarang. Hindari kebiasaan berbahaya ini. 

5. Vaksinasi

Terkait vaksinasi ini tambahan ya. Semua dikembalikan kepada #temanpembelajar. Mau ikut vaksinasi apa yang sesuai usia dan budget keuangan. Tetap konsultasikan kepada dokter/ yang lebih ahli.

Kesehatan Psikis

Ada beragam cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk mencintai diri. Ibarat kata, menjaga kesehatan psikis sama dengan menjaga kesehatan mental kita. Membuat diri selalu bahagia dengan beragam kegiatan bermanfaat, bukan buang duit atau buang waktu melakukan hal yang nggak penting.

Apa saja yang bisa #temanpembelajar upayakan sebagai bentuk peduli terhadap kesehatan psikis kita?. Diantaranya, sebagai berikut :

1 Komunikasi terbuka

Lakukan komunikasi terbuka dengan orang sekitar. Tak perlu semua privacy (rahasia) #temanbpembelajar ceritakan. Cukup yang penting-penting saja. Bahkan tak perlu kepo terlalu jauh akan privacy seseorang.

2.Mengelola stress dan tekanan

Perlu upaya dari diri sendiri, dalam mengelola stress dan tekanan dalam hidup. Yang sebenarnya, stress juga dibutuhkan agar diri tetap kuat menghadapi kenyataan hidup. 

3.Menyediakan waktu luang yang sehat

Menyediakan waktu luang yang sehat, adalah bagian dari mengapresiasi diri. Dengan melakukan aktivitas menyenangkan, atau dengan melakukan hobi yang disukai. Tanpa mengganggu waktu istirahat yang seharusnya.

4. Pentingnya memahami Diri Sendiri

Banyak keuntungan yang di dapat dengan memahami diri sendiri. Bisa menjadi alarm tubuh, disaat pikiran sedang tak baik-baik saja. Maka, diri seharusnya memiliki kepekaan yang bisa mengerem segala pikiran agar bisa memilah mana yang seharusnya dipikirkan, mana yang seharusnya dibuat cuek.

5. Mengurangi Penggunaan gadget

Segala yang berlebihan tidaklah baik bukan?, terlebih dalam penggunaan gadget yang sebatas hanya untuk hiburan. Bisa mengakibatkan gangguan mata atau kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, perlu kontrol diri yang baik dalam menggunakan gadget dengan sehat.

Penutup

Pentingnya menjaga kesehatan fisik dan psikis bagi remaja perlu diupayakan dengan sekuat hati. Lakukan beberapa tips diatas secara konsisten. Untuk mendapatkan kualitas hidup yang nyaman, aman dan sehat. Saya rasa, orangtua millenial juga setuju bukan, bahwa menjaga kesehatan fisik dan psikis pada remaja juga penting?







Lembar Refleksi

1. Tuliskan, minimal 5 usaha anda untuk menjaga kesehatan fisik ?
2. Tuliskan, minimal 5 usaha untuk menjaga kondisi psikis anda ?
3. Menurutmu, apa pentingnya menjaga kesehatan fisik dan psikis ?

Posting Komentar