Situs dan Aplikasi Baca Buku Online yang Mudah Ditemukan

Situs dan Aplikasi Baca Buku Online yang Mudah Ditemukan

Daftar Isi
Rekomendasi platform, baca buku online indonesia yang wajib diketahui oleh pelajarku. Ya, tulisan ini lahir atas keprihatinan generasi Z di sekolah yang mana, beberapa pertanyaan Bu Windi sampaikan kepada pelajar di sekolah terkait kedekatan mereka dengan bahan bacaan alias buku.

Seberapa sering kamu baca buku dalam satu minggu ?
Dimanakah letak perpustakaan daerah kota Kediri ?
Sebutkan toko buku yang ada di Kediri !
Dalam setahun, berapa banyak buku yang kamu beli ?
Konten Sindiran Ridwan Kamil untuk Remaja Masa Kini

Bu Windi ikutan tertawa sinis, usai melihat postingan Pak Ridwan kamil yang mengutarakan tentang kegunaan handphone di era digital ini. Seorang pria muda bertanya pada beberapa remaja " dimana ibu kota jawa tengah?", dalam survey tersebut, remaja yang menjadi incaran tak satupun yang berhasil menjawab.

Aha, jangan sampai remaja sekarang menggunakan gadget hanya untuk hiburan semata. Sering-seringlah mengakses wikipedia, googling, ngebook dan lain-lain. Tulis Pak Ridwan Kamil dalam captionnya.

Reels yang diunggahnya selalu menuai banyak viewers. Setelah Bu Windi cek, postingan tersebut berhasil memantik 6,8 juta follower menyimak konten tersebut. Dalam laman komentar, 24,1 ribu yang ikutan cuap-cuap merespon postingan pak R1 ini. Bagi yang ngeshare, terdapat 5.115 orang. Amazing kan.

Balik pada inti dan isi konten. Gen Z, yang disebut dalam captionnya lebih sering-seringlah menggunakan ponsel pintar untuk mendukung aktivitas belajar. Minimal, wawasan umum Gen Z bisa bertambah berkat ponsel pintar.

Ini related banget dengan kondisi yang Bu Windi temui dalam kehidupan nyata. generasi sekarang lebih ke akses hiburannya yang diutamakan. Bukannya menggunakan ponsel intar untuk mendukung aktivitas belajar tapi lebih banyak digunakan untuk gaming. Atas dasar itulah, artikel ini lahir.

Bu Windi mau mengajak teman pembelajar untuk kembali pada jalannya. Pelajar, adalah sematan berharga yang harus dipertanggungjawabkan dengan penuh kesabaran.

Sabar untuk menuntut ilmu. Sabar untuk terus belajar menjadi kaum yang gemar menuntut ilmu. Dan sabar, untuk menjadi generasi peradaban yang bisa diandalkan.

Kenapa Harus Baca Buku Digital atau ebooks?

Strategisnya, mengetahui situs atau aplikasi baca buku digital bisa menjadi solusi bijak untuk generasi Z sekarang. Melalui gadget, remaja tetap bisa menggunakan handphonenya untuk memenuhi kebutuhan menambah ilmu.

Tidak akan ada lagi kan, alasan untuk tidak bisa beli buku ? ada banyak cara ferguso, untuk teman pembelajar yang bilang kalau mau beli buku itu mahal.

baca buku online

Selain menuai banyak manfaat, baca buku online lebih memudahkan generasi sekarang untuk mengaksesnya. Modal ponsel pintar dan dukungan internet, asupan nutrisi untuk memperkaya kosa kata dan menambah wawasan bisa dilakukan dengan membaca buku secara online.

Banyak bahan bacaan gratis yang diakses. Kalaupun mau beli buku online juga tersedia kok, versi ebooknya. Disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

Beberapa Platform Media Baca Buku Digital yang Wajib Kamu Jajal

1. Ipusnas

Platform perpustakaan nasional yang berlogo bintang berwarna biru, sebagiannya hijau ini bisa diakses di ponsel android teman pembelajar. Cuma memakan memori 19MB untuk bisa terpasang cantik di gadgetmu.

Usai mendownload, bikin akun kemudian login. Bisa menikmati ribuan bacaan yang tercantum disana. membaca buku gratis.

2. Gramedia Digital

Gramedia book digital hadir, sebagai alternatif untuk teman pembelajar yang mau baca buku versi ebook baik itu majalah popular, koran dan buku best seller. Aplikasi yang berlogo huruf G dengan kapasitas memori yang digunakan 25 Mb cukup populer dikalangan pembaca.

3. Badan Bahasa Kemendikbud

Lebih nyaman kalau dibuka lewat laptop atau komputer. laman ini bisa diakses di badanbahasakemendikbud.go.id. Bahan bacaan yang tersedia cocok untuk anak remaja. Pada lebel produk, teman pembelajar bisa sorot dan silahkan menjelajah sepuasnya atas bahan bacaan yang diunggah.

Buku berseri, cerita anak, seri antologi fabel dan lainnya. untuk anak-anak justru sangat disarankan untuk mengakses situs online yang digagas kemendikbud ini. Bacannya ramah anak.

4. Bacapibo

Situs online yang menarik untuk dijelajah. Terdapat label akun keluarga, akun sekolah dan modul ajar yang bisa dimanfaatkan untuk bahan bacaan anak sekolah. Mari menjelajah di situs ini untuk mendapatkan pengalaman membaca buku yang berkesan dan menarik. Di bacapibo.com.

5. Wattpad

Aplikasi online yang para penulisnya merupakan dari seluruh belahan dunia. Banyak genre tulisan bisa teman pembelajar nikmati lewat wattpad. terdapat penulis yang profesional maupun amatir. Jadi, bukan sebatas menjadi pembaca saja. teman pembelajar bisa berkontribusi langsung bikin tulisan disitu. Cobain deh.

6.Goodreads

Situs besar yang koleksi bukunya bisa kita jelajah dengan cara menyenangkan. Terdapat rak buku buat disimpan. Teman-teman juga bisa mengecek koleksi buku yang dibaca oleh pembaca lainnya. Lewat https://www.goodreads.com, akan lebih mudah untuk mengetahui rekomendasi buku apa berdasar ulasan. Wah, membantu banget ya.

7. Google Play Buku

Situs baca buku online gratis yang bisa dinikmati dengan mendownload aplikasinya di smarthpone pintar. Cuma 11 Mb kok. Sudah bisa menikmati banyak buku. Buku audio, manga, komik bisa teman pembelajar nikmati lewat aplikasi google play buku. Akan lebih mudah jika saat berkunjung sudah mengantongi nama penulis, penerbit dan judul bukunya.

Bagaimana Cara Membaca Buku Online Gratis ?

Mudah dan tidak ribet banget. Semua aplikasi grtais untuk membaca buku secara online yang Bu Windi sebutkan diatas butuh langkah yang harus dilalui. Membuat akun masing-masing menggunakan email. Dan mau mencoba secara keseluruhan aplikasi tersebut dengan beragam fitur yang ditawarkan.

Semakin banyak mencoba dan menjelajah dengan menekankan pengalaman sendiri, teman-teman akan terbiasa untuk menciptakan habit membaca buku dengan cara menyenangkan.

Dengan membaca buku digital entah itu berupa ebook dan lainnya, bisa menjadi alternatif apik untuk yang terkendala beli buku fisik, tetap bisa menikmati bahan bacaan online yang berbobot. Tinggal menyesuaikan selera. Karena masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Poin pentingnya adalah, yang penting baca bukunya secara legal.

baca buku digital gratis


Akhir Kata

Sangat berharap, generasi sekarang lebih semangat dan masih ditemukan kaum yang benar-benar peduli untuk membumikan literasi. Dengan membaca buku secara online, menjadi satu langkah terbaik untuk tetap mencintai buku tanpa dipaksa. Ada banyak cara untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Yuk, mulai sekarang berbenah. Sudah jamannya, untuk melibatkan aktivitas membaca dengan kecanggihan teknologi yang seharusnya kita manfaatkan. Yuk, buktikan !







Referensi Pendukung

https://www.gramedia.com/best-seller/baca-buku-online/
https://ipusnas.id/
https://bacapibo.com/activity-sheet
https://budi.kemdikbud.go.id/

21 komentar

Comment Author Avatar
3 Maret 2024 pukul 02.43 Hapus
Dulu saya rajin baca di Ipusnas dan Gramedia Digital. Tapi karena sekarang masih belum ada waktu luang, jadinya terbengkalai deh. Padahal membaca buku di platform tersebut banyak pilihan judulnya
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 12.01 Hapus
ayuk kak, dirutinkan lagi :)
Comment Author Avatar
3 Maret 2024 pukul 16.25 Hapus
Saya jadi keingetan nih kalo saya pernah install aplikasi google play buku tapi mpe sekrang aplikasi tersebut belum saya buka2 haha.
Mau ah mulai baca lagi, walopun jujur saya lebih suka baca buku fisik. Tapi daripada ga baca buku sama sekali, lumayan lah ya baca2 buku via ipusnas.
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 11.54 Hapus
hhhha, perlu di mix ya kak. Aku juga lebih suka baca buku fisik,kkwk
Comment Author Avatar
3 Maret 2024 pukul 18.21 Hapus
Bener kak kalau di perpustakaan digital enggak takut bukunya rusak dan mudah dibawa ke mana-mana. Saya paling suka di iPusnas sih karena koleksinya cukup lengkap dan gak terlalu ngantri buat minjem. Aplikasinya juga gak makan banyak memori
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 12.00 Hapus
cocok buat mendukung aktivitas baca ya kak,
Comment Author Avatar
Adi
3 Maret 2024 pukul 19.46 Hapus
Saya sih masih setia sama IPUSNAS dan Google Play Book meskipun masih suka baca PDF dan artikel dari blog.
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 11.55 Hapus
menambah referensi bacaan bisa dari mana saja ya kak
Comment Author Avatar
3 Maret 2024 pukul 20.14 Hapus
Saya cuma install Ipusnas dan bagi saya sudah sangat memadai
Ketika sedang antri ke dokter dan ngantri lainnya
Sangat membantu fasilitas membaca via aplikasi ini
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 11.55 Hapus
semoga konsisten terus ya ambu
Comment Author Avatar
3 Maret 2024 pukul 20.25 Hapus
Setuju, manfaatkan ponsel gak hanya sekadar nge-game aja ya, bisa buat tambah wawasan dari bacaan yang bermanfaat. Dengan begitu minat baca kita bisa makin meningkat
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 11.56 Hapus
tos dulu kak, semoga generasi remaja masa kini paham akan hal ini ya
Comment Author Avatar
3 Maret 2024 pukul 22.09 Hapus
Baru tau nig perpusnas punya platform digital buat baca buku. Jadi mau coba deh. Soalnya jaman now kayaknya dah sedikit peminat buku cetak.
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 11.59 Hapus
ayuk kak, di coba
Comment Author Avatar
3 Maret 2024 pukul 23.00 Hapus
Masih inget banget slogan membaca buku adalah jendela dunia, iyaps karena dari situ segala hal dan informasi bisa didapat. Meski zaman terus berkembang, kebiasaan membaca jgn sampe pudar. Bahkan kini ada pilihan utk membaca via gadget lewat sotus atau platform bacaan
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 11.57 Hapus
cocok banget kalimat ini kak, jadi makin berkobar buat semangat ajak generasi sekarang punya peduli ke ranah literasi
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 01.33 Hapus
Aku juga uda mengubah kebiasaanku sekarang dengan membaca buku digital. Tapi memang beda sensasi yaa.. ketika memegang dan membaca buku fisik. But, dengan adanya aplikasi baca buku yang bisa menjadi pilihan ini, mempermudah anak muda untuk mengakses buku dari mana aja dan kapan aja.
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 11.59 Hapus
iya mbak lendy, sensasinya tentu bedda. Tapi ya itu, biar remaja masa kini semakin mudah untuk mau baca (dulu)
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 02.07 Hapus
Bacabipo sama badan bahasa sejauh ini yang udah pernah dijajal hehe.. yang lainnya otw nyoba deh
Sekarang tuh buku hardcopy alias fisik udab jarang banget tersentuh apalagi generasi z
Semua serba e book alias digital.. yg penting baca hihi
Comment Author Avatar
4 Maret 2024 pukul 11.57 Hapus
noted kak, yang penting baca
Comment Author Avatar
12 Maret 2024 pukul 20.02 Hapus
Wattpad dan Goodreads is my fav anyway
Berunujg bnget ada aplikasi-apliksi ini. Jadi bisa puas nyalurin hobi membaca ^^