Penyebab Terjadinya Gangguan Konsentrasi Belajar pada Remaja

Ketahui, apa penyebab terjadinya gangguan konsentrasi belajar pada anak remaja.

penyebab gangguan konsentrasi belajar

"Bu,ijin ke kamar mandi"

"Bu, ijin cuci tangan"

"Bu, ijin minum"

Peserta didik satu ini selalu mencari alasan di setiap pelajaran. Maklum, tidak bisa diam memang. Berasa jenuh gitu, kalau di kelas. Apalagi kalau pelajarannya sulit untuk dimengerti. Ingin ke kantin saja. Atau pergi ke toilet dan berlama-lama di luar.

Konon, pelajaran anak sekolah jaman sekarang lebih sulit, menurut testimoni wali murid. Atau, disebabkan karena peserta didiknya yang malas berpikir sehingga beralasan tidak bisa mengerjakan tugas.

Alih-alih mengerjakan tugas Bu, mendengarkan penjelasan di kelas saja tidak bisa fokus.

Ngomong-ngomong tentang fokus, yuk sama Bu Windi ngobrol lewat tulisan ini. Apa yang membuat pikiran anak remaja tidak fokus?

Ada yang tahu? boleh dong jawab di kolom komentar.

Penyebab kurangnya konsentrasi dalam belajar

Wajar sih, terkadang kita tidak fokus atas apa yang disimak. Sesekali tak apa-apa ya. Tapi, akan bermasalah jika tidak fokus terjadi setiap waktu. Sebagai contoh. Doni, peserta didik kelas 7X selalu tidak bisa fokus saat menerima pelajaran di kelas. Sering merasa ngantuk, tidak betah di kelas bahkan lebih enjoy kalau ada jam kosong. Lumayan, tidak ada gurunya bisa bermain sepuasnya 😂.

Kurang lebih begitulah gambaran pelajar masa kini. Eh, jaman Bu Windi dulu juga sama kok..Tiap ada jam kosong merasa asyik. Bisa bermain sama teman, teriak-teriak dan berisik. Bikin kelas gaduh, pokoknya.

Oke, balik lagi kepada pembahasan. Penyebab kurangnya konsentrasi dalam belajar. Cari tahu terlebih dulu, kenapa tidak bisa konsentrasi belajar. Kamu, disuruh mencari tahu apa penyebab tidak bisa konsentrasi dalam belajar.

Bagaimana caranya ?

1. Ngobrol dengan teman

cerita santai, atau minta pendapat teman terkait kondisimu selama ini. Barangkali ,teman dekatmu tahu apa yang menjadi kekuranganmu selama ini. Sharing santai, yang ada tujuannya untuk mengetahui penyebab kenapa tidak bisa konsentrasi.

2. Melakukan pencatatan secara berkala

Membuat catatan khusus di setiap kegiatan yang kamu lakukan. Misal, Senin pelajarannya IPA, IPS, Matematika. Nah, pencatatannya dilakukan untuk setiap mata pelajaran. Hari Senin, saya bisa mengikuti pelajaran IPA dengan baik. Bisa mengerjakan tugasnya. Hanya saja, saya kurang paham bagian memahami jenis makhluk hidup (misalnya). Sehingga membuat saya jenuh dan mengantuk. Sama juga dengan mapel IPS. Catat apa yang kamu alami. Beserta kendala/hambatan yang kamu alami saat menerima pelajaran tersebut.

3. Sharing dengan guru

Tukar pendapat dengan guru boleh banget. Bangun keterbukaan dan komunikasi dua arah, agar guru juga tahu kondisimu. Bisa jadi, nanti gurunya yang akan berbenah. Saat tahu ada peserta didiknya yang kurang memahami pelajaran yang diajarkan. Biar sama-sama enak.

Saat menemukan penyebab kenapa sulit berkonsentrasi, akan memudahkan kamu dalam belajar.

Perlu di cari tahu juga kendala lain. Sebab, dalam ilmu medis, sulit berkonsentrasi disebabkan oleh :

1. Kebiasaan multitasking

Namanya multitasking, suatu keahlian yang tidak bagus jika dipelihara terus-menerus. Mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Bukan karena alasan untuk menghemat waktu, tapi lebih ke membuat diri sendiri memiliki kebiasaan tidak baik karena mencampuradukkan beberapa pekerjaan untuk di selesaikan dalam satu waktu. Jadinya enggak fokus.

2. Kurang tidur

Otak butuh istirahat yang cukup. Waktu malam, buatkan buat begadang main game, ngopi, ngobrol dengan teman hingga larut malam, atau melakukan aktivitas lain sehingga mengganggu jam tidur malam. Jika dibiarkan terus-menerus, akan mengganggu kesehatan fisik dan psikis.

3. Bosan dengan tugas

Sebagai langkah awal, perlu menata mindset (pola pikir) bahwa tugas itu bukan untuk menambah beban. Bikin enjoy saja. Kalau tidak bisa mengerjakan ya bertanya teman, diskusi, atau minta tolong kakak untuk mengajari. Coba istirahat sejenak, barangkali dirimu butuh jeda sejenak untuk merefresh otak. Biar jenuh hilang dulu, baru mulai lagi mengerjakan tugas.

4. Sibuk dengan gadget

Gadget, alat canggih yang bisa membuat aktivitas online merasa lebih mudah. Namun, jika penggunaannya tidak tepat dan tidak bijak ya bisa menjerumuskan pada kerugian diri. Sebagai contoh, main game hingga lupa waktu dan tugas. Main gadget, jadi lupa makan dan ibadah. Main gadget, bikin malas mengerjakan tugas. Diri menjadi tidak punya tanggung jawab dan tidak fokus dalam mengerjakan tugas.

5. Kebiasaan Nonton Video Orang Dewasa

Pasca pandemi, Bu Windi tidak heran jika dilakukan sidak beruntun, sudah pasti beberapa handphone peserta didik terdapat video orang dewasa (pornografi). Tidak habis fikir, sampai Bu Windi tepuk jidat dan geleng kepala. "Kok, bisa ya", celetukan dalam hati yang sampai kini masih was-was dan khawatir. Bagaimana masa depan negara ini jika kualitas sumber daya manusianya bobrok seperti ini?.

Tau nggak, jika keseringan nonton video orang dewasa (pornografi) akan menimbulkan masalah baru. Remaja, akan mengalami kerusakan sel-sel otak. Tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin. Dopamin akan terus keluar hingga membanjiri prefontal cortex. Area krusial bagian otak yang berfungsi membentuk kepribadian seseorang. Jika yang dilihat adalah adegan porno, otak akan merekam apa yang sering dilihat. Sehingga memicu hawa nafsu, mempengaruhi olah emosi dan mengurangi konsentrasi.

dampak kecanduan pornografi

Makanya, ketika di kelas Bu Windi menemukan peserta didik yang tidak bisa fokus dan cenderung berulah setiap di kelas. Hal yang menelisik untuk dicurigai adalah ke arah itu. Astagfirullah, malah jadi suudzon ya . Huaaaaaa (nangis).

Kerusakan otak akan semakin menjadi jika tak ada pemberhentian atas sikap tersebut. Kerusakan otak akan merambah kepada dampak lain, yaitu

Remaja akan merasa kesulitan membedakan mana yang baik, mana yang buruk dan sulit merencanakan masa depan. Ya gimana coba, yang ada dalam pikirannya adalah rasa penasaran untuk "to do". Naudzubillah.

Apa akibat kurang konsentrasi?

Banyak lah, jika ditelusur satu per satu, apa akibat kurang konsentrasi. Pekerjaan/ tugas tidak pada tempatnya. Acak Adul.

Membuat pekerjaan tidak rapi. Banyak kekurangan yang itu akan membuat orang lain bertanya-tanya. Kenapa jawaban dari pertanyaan tidak sesuai. Yang mana, itu hasil dari imajinasi tak terkontrol yang secara tidak sadar keluar dengan sendirinya pada lembar kerja yang kita kerjakan.

Ibarat kata, ketika kamu sedang mengerjakan tugas bahasa Indonesia mengarang bebas tentang cerita pendek saat liburan. Secara tidak sadar, kamu yang sering nonton video pornografi, akan menuliskan apa yang ada dalam pikiranmu. Bahaya kan ?

Membahas kesulitan konsentrasi tapi malah mengarah ke kecanduan pornografi ya ?

Kecanduan video pornografi salah satu pemicu kurangnya konsentrasi gaes, itu yang ingin Bu Windi sampaikan ke teman pembaca di sini.

Penutup

Ketika sikap dan perilaku kamu tidak bisa dikontrol. Itu artinya ada hal tidak wajar yang itu harus segera kamu benahi. Perbaiki kebiasaan dalam berkegiatan sehari-hari.

Mulai dari bahan video yang kamu lihat di ponsel pintarmu. Seimbangkan kegiatan duniamu. Hidup bukan hanya untuk hura-hura. Bersenang-senang saja.

Menjalani hidup, harus punya tujuan yang jelas. Setiap dari manusia, pasti punya cita-cita luhur yang layak untuk diwujudkan. Bangun mimpimu dengan baik. Dengan usaha sesuai upaya dan doa melalui cara yang benar.

Belajar fokus terhadap suatu hal. Agar apa yang kamu kerjakan dinilai baik orang lain. Minimal, kamu bisa memberikan kesan positif untuk orang lain. Bagaimana, berani untuk memberikan bukti ? bahwa kamu bisa berubah. Kamu bisa konsentrasi dalam belajar. Kamu bisa merubah sikap menjadi pribadi lebih baik ?


Refleksi Diri

1. Apa yang membuat kamu sulit berkonsentrasi saat belajar ?
2. Apakah kamu sudah menemukan kesulitan yang membuat kamu sudah konsentrasi ?
3. Coba sebutkan , apa saja yang menjadi kendala/hambatanmu untuk bisa konsentrasi penuh ?
4. Bagaimana pendapatmu, tentang bahaya kecanduan pornografi ?






Referensi Pendukung

https://www.alodokter.com/sulit-konsentrasi-ini-cara-mengatasinya
pengalaman pribadi










10 komentar

  1. Sebagai sesama pendidik, saya mengalami sendiri bagaimana peserta didik sering kali mengalami penurunan konsentrasi belajar. Faktor-faktor yang disebutkan di atas memang benar adanya. Jika Mbak Windi masalahnya dengan pelajar sekolah, kalau saya dengan para pegawai (di perusahaan tempat saya mengajar). Setelah saya telusuri, penyebab terbesar dari kurangnya konsentrasi adalah karena beban kerja. Apalagi di saat itu mereka sedang menghadapi volume kerja tinggi dan butuh perhatian yang lebih dari biasanya.

    BalasHapus
  2. Anakku nomor 2 nih, punya "kelemahan" sering kurang fokus dan gampang kedistract
    Karena ketahuan sejak dini, saya memasukkannya ke les piano, les renang dll yang membantunya untuk lebih fokus
    Dan ikut perkumpulan panjat gunung sewaktu mahasiswa, sehingga secara signifikan fokusnya meningkat

    BalasHapus
  3. Dulu kita diarahkan untuk multitasking yah. Kesannya hebat gitu bisa segala. Ternyata engga gitu juga akhirnya. Malah bikin engga fokus, dan kerjaan juga malah engga beres-beres.

    BalasHapus
  4. sulit konsentrasi bisa juga pengaruh banyak yang dipikirkan sih ya

    jadi sebisa mungking harus dilatih dan ditingkatkan fokusnya

    BalasHapus
  5. Sulit konsentrasi ternyata banyak penyebabnya. Segera diatasi nih biar fokus belajar dan ilmu jadi cepat nangkep.

    BalasHapus
  6. Ahh bener banget sih sama kata2 ini
    Seimbangkan kegiatan duniamu, kalau gk imbang y kayak gini ya..kurang fokus, dan males belajar pastinya

    BalasHapus
  7. Bagi anak remaja, fokus dan konsentrasi memang dituntut ya, apalagi kalau dilingkungan sekolah. Kalau belajar nggak bisa konsentrasi, kapan bisa pahamnya. Walau guru juga mestinya melihat karakteristik anak sih, karena gaya belajar tiap anak kan beda-beda

    BalasHapus
  8. Kl saya yg bikin gak konsentrasi kl ada suara berisik banget, dulu sekolahku dekat banget sama rumah warga, eh salah satu warga itu stel lagi dangdutan cukup keras 😅, dlm hati bilang, ini sekolah apa bioskop sih. Wkwkw

    BalasHapus
  9. Saya setuju poin gadget, karena ketika anak sudah pegang hape atau tab, waktu nggak kerasa, semacam nagih, ingin skrol terus. Padahal tidak semua hal harus anak tahu. Sementara untuk meningkatkan fokus anak, saya biasakan anak saya untuk catur.

    BalasHapus
  10. sampai dengan saat ini kebiasan buruk aku tidak fokus adalah karena multi tasking, jadi ketika sedang mengerjaan a. di kepala udah kepikiran kerjaan b, akhirnya menclok ke kerjaan b padahal kerjaan a belum selesai huhu perlu dibenahi banget ini mah

    BalasHapus