Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Prospek Bagi Gen Z

Jangan Bingung Memilih Jurusan Kuliah bagi Anak IPS

Hey, Gen Z! teman pembelajar yang sedang bingung pilih jurusan kuliah? Sedangkan, kamu anak IPS ya ? sini mojok bersama Bu Windi lewat tulisan ini 😅

Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Wajar kok bingung. Itu artinya, kamu, sedang mempersiapkan masa depanmu dengan sesungguhnya. Biar tidak salah pilih jurusan dan menyesal kemudian kan ? Apalagi ada wejangan dari orang tua "kuliah sing tenanan lho ya" (kuliahnya harus rajin lho ya). Seketika, langit jadi mendung ya 😂.

Justru anak IPS juga punya peluang lebar untuk mengisi dunia dengan peranmu nanti. Banyak kok, pekerjaan yang nantinya related dengan pilihan jurusan yang kamu pilih. Sudah baca artikel Bu Windi yang satunya, jurusan kuliah anak SMA ? dont miss it ya.

Tuntutlah ilmu setinggi mungkin. Tetapkan niatmu, langitkan usahamu. Bersama cita-cita, kamu bisa terbang tinggi semaumu.

Ilmu, itu penting. Dengan ilmu, kamu bisa menjalankan peranmu dengan baik. Punya adab yang bisa menyokongmu menjadi manusia yang memiliki akhlak yang baik.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS dan Prospeknya

jurusan kuliah yang prospek

Nah, ini dia jurusan yang bisa kamu pilih teman pembelajar. Sebagai bahan pertimbangan, Bu Windi sampaikan satu-satu ya.

1. Jurusan HI 

Sosok Najwa Shihab bisa kamu cermati. Beliau pintar ngomong, pandai menulis karena beliau seorang jurnalis. Masalah mengorek data, beliau ahlinya.

Nah, program studi Hubungan Internasional (HI) akan mempelajari isu yang beredar di belahan bumi pertiwi. Bahkan tingkat dunia. isu politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan.

Prospek pekerjaan : HR Manager, Diplomat, Jurnalis dan Konsultan.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ria Ricis, conten creator yang sudah membuktikan bahwa karyanya memang layak diapresiasi. Begitu juga dengan Baim Wong, Atta Halilintar, Deddy Crobuzier. 

Soal broadcasting, mereka sangat jago. ilmu komunikasi ini akan mempelajari ilmu komunikasi di berbagai tingkatan. Mulai dari individu maupun kelompok. Yang di dalamya masih ada sub-sub ilmu yang lainnya. Seperti periklanan, kajian media dan humas (hubungan masyarakat)

Prospek Kerja : Public Relation, CVonten Creator, Penyiar Radio Jurnalis, Copywriter.

3. Jurusan Kriminologi

Baraham Samad, orang aceh yang dulu pernah menjabat sebagai ketua KPK. Pemberani, kritis dan luar biasa beliau. Mau mendengarkan keluhan orang kecil yang menjadi korban korupsi.

Butuh mental yang bagus. So far, lambat laun semua akan terbentuk jika memang , kamu punya rasa empathy yang tinggi. Karena pekerjaan ini cocok untuk kamu, teman pembelajar yang kritis, pemberani dan mampu membantu memecahkan masalah kriminal (kejahatan). Tenang, dalam jurusannya nanti, teman pembelajar akan diajari kok. Seru ya

Prospek Kerja : Staf KPK, Privat Investigator, Pegawai Kemenkehum dan HAM.

4. Jurusan Sosiologi

Pada jurusan ini, teman pemeblajar akan belajar segala hal tenatng permasalahan sosial. Baik tiu msalah kemiskinan, kenakalan remaja dan lainnya.
Prospek kerja : PNS, Community Officer, Konsultan, Peneliti (Researcher)

5. Jurusan Psikologi

Psikologi ini juga luas ya, banyak pilihan. Tidak hanya bisa menjadi psikolog saja. Lulusan Psikolog, bisa kerja dimana saja. lembaga pendidikan bisa, di perusahaan juga bisa kok.
Prospek Kerja : Penulis Buku, Staf HRD, psikolog, Peneliti (Researcher)

6. Jurusan Pendidikan Guru

Pendidikan PG-PAUD dan PGSD bisa menjadi pilihan yang tetap untuk anak IPS. Kesabaran dan wawasan luas, sanagt dibutuhkan juga untuk jurusan pendidikan guru. Memiliki ketertarikan terhadap perkembangan anak-anak.
Prospek Kerja : Konselor anak, Dosen, Guru, PNS, tutor Privat, Conten Creator Pendidikan, Penulis

7. Jurusan Bisnis Digital

Untuk beberapa tahun ke depan, jurusan ini sangat prospek. Perkembangan teknologi semakin canggih, kemampuan seseorang untuk mengelola bisnis akan turut beradaptasi.
Buat teman pembelajar yang ingin jadi enterpeneurship profesional, cocok masuk jurusan ini. Sekaligus nanti akan belajar digital marketing.
Prospek Kerja : SEO, Digital marketing, Data Analyz

8. Jurusan Manajemen

Jurusan yang paling banyak peminat. Soal keuangan, manajemen SDM, analisis investasi hingga sumber daya manusia. Bebrapa hal yang nanti akan dipelajari.
Prospek Kerja : Konsultan, Managemen Trainer

9. Jurusan Akuntansi


Lulusan ini juga prospek kok. Perusahaan membutuhkan akuntan untuk menghitung arus kas, mencatan penjualan dan sebagainya secara mendetail.
Prospek Kerja : AKuntan, Auditor, Dosen, Analis Investasi

10. Jurusan DKV (Desain Komunikasi visual )

Teman pembelajar yang suka mendesign, kreatif, mempunyai daya imajinasi tinggi serta detail, ahli komputer bisa banget masuk jurusan DKV. 

Prospek kerja : Desaigner grafis, ilustrator, Conten Creator

Akhir Kata

Segala sesuatu yang dipilih berdasarkan kesukaan dan kamu passionet di dalamnya, akan lebih memudahkanmu dalam mengembangkan ilmu yang teman pembelajar pelajari.

Ada banyak pilihan jurusan kuliah anak IPS yang bisa dipilih. Sekarang, sudah mulai ada gambaran ya, untuk memilih. Semoga teman pembelajar segera mendapatkan titik temu, jurusan mana yang bakal di pilih. Semoga bermanfaat.









Referensi Pendukung:


https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-kuliah-ips-terbaik

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230216110624-561-913793/25-jurusan-kuliah-ips-lengkap-dengan-prospek-kerjanya

https://www.gramedia.com/literasi/rekomendasi-jurusan-kuliah-untuk-ips/








11 komentar

  1. Dulu itu pas sekolah, sering dengar kalau anak IPA lebih keren daripada anak IPS. Pokoknya ada A1, A2, dan A3. Padahal semua jurusan keren, tergantung dari bagaimana mengembangkan diri ya, Mbak. termasuk jurusna IPS ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, jadi orang tua jaman sekarang juga harus adaptasi, biar enggak mengekang anak perihal memilih jurusan

      Hapus
  2. Sayangnya sampai sekarang masyarakat masih mengagung-agungkan matpel IPA dan lulusan IPA. Jadi ngerasa gak ada bedanya dengan zaman orba
    Padahal penting banget ilmu sosial bekerja sama dengan IPA
    Contohnya pembangunan IKN, akan sukses jika memperhatikan masalah sosial, budaya, dan lingkungan hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, benar. Pandangan ini yang harus perlahan berubah. Bahwa masalah sosial dalam penangannya butuh generasi baru dan mau maju

      Hapus
  3. Di jaman saya masih di SMA (tahun 80-an) pilihan penjurusan kuliah tuh tidak sebanyak sekarang. Baik untuk anak IPA maupun IPS. Beruntunglah anak-anak sekarang yang punya pilihan banyak dengan prodi yang luas tapi sangat spesifik. Yang penting menurut saya sih belajar yang baik semasa SMA dan temukan minat dan jati diri supaya tidak salah keputusan. Sekolah pun memberikan bimbingan yang tepat agar anak-anak bisa memilih dengan baik. Satu lagi SIAPKAN DANA nya karena semakin tahun, biaya kuliah terus menanjak, merangkak naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, selain cermat pilih jurusan di awal, dana juga perlu disiapkan ya. Biaya kuliah semakin nambah tahun semakin besar

      Hapus
  4. Saya dan suami nomabene anak IPS, lulusan SMK. kami berdua ngambil akuntasi. Saya pendidikannya, sedangkan suami akuntansi murni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling melengkapi ya kak. Apapun jurusannya, anak tahu big whynya pilih jurusan tersebut. Biar enak ngejalaninya

      Hapus
  5. Jelas sekali Bu Windiii.. mengenai pilihan jurusan serta prospek kerja masa depan.
    Rasanya anak sekarang bisa mulai tepat memilih apa yang diinginkan untuk masa depan mereka.

    Artikel Bu Windi harus banget dibaca anak genzi jelang UTBK SNBT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhhe, bantu sebarkan yuk kak. biar makin mendapatkan manfaat : ).Terimakasih supportnya

      Hapus
  6. Wah bener banget mba, ada banyak pilihan jurusan kuliah untuk anak-anak IPS. Anakku sekarang juga kuliah di Sosiologi UB.

    BalasHapus