Juknis PPDB SMA/SMK Tahun 2024

Juknis PPDB SMA/SMK Tahun 2024

Daftar Isi
PPDB SMA, juknisnya biasanya disebar sekitar bulan februari. Juknis yang keluar sudah include untuk juknis PPDB di SMK. Jalur yang bisa ditempuh oleh calon siswa baru juga beragam. Cukup menuai deg-degan bagi orang tua. Gurunya juga.

PPDB Online

Penerimaan siswa baru, infonya terpusat dari provinsi jawa timur. Yang mana, regulasinya dianut berdasarkan peraturan pemerintah oleh kemendikbud.
  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan;
  2. Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 47/M/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.
  3. Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 15 Tahun 2022, tanggal 14 Maret 2022 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa.
Asyiknya, PPDB online itu tidak ada tes masuk. Kecuali, sekolah tertentu yang disebut oleh pemerintah, boleh menggunakan tes masuk. Seperti sekolah berasrama (SMA taruna) di Jawa Timur, sekolah terbuka, sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus, sekolah yang di daerahnya untuk jumlah penduduk usia sekolah tidak memenuhi ketentuan jumlah peserta didik dalam satu rombongan belajar.

Jalur PPDB Jawa Timur

tahapan PPDB SMA

Bu Windi melihat, untuk bisa masuk ke sekolah negeri, orang tua cukup ambil peran dalam membersamai putra-putrinya bisa masuk ke sekolah dengan biaya yang ringan.

Paradigma orang tua disini (Kediri), sekolah negeri menjadi favorit. Meski tidak semua berpikiran demikian, nyatanya, bisa sekolah di negeri itu menjadi suatu kebanggaan. Untuk biaya sekolah, masih bisa di nalar dan kebanyakan dari orang tua cari yang gratis.

Banyak faktor juga sih. Kalau di Kediri, sekolah dengan reputasi bagus itu rerata di daerah kota. Tinggal pilih saja dengan kemampuan dan disesuaikan dengan syarat/ketentuan.

1. Jalur Afirmasi

Kuota yang diambil dari masing-masing sekolah sebesar 15%. Jalur ini, dimulai lebih awal dari pada jalur berikutnya. Khusus untuk siswa dengan orang tua yang tidak mampu. Anak buruh dan penyandang disabilitas.

2. Surat Tugas

Prosentase yang bisa masuk untuk jalur surat tugas ini cuma 5%. Untuk calon siswa yang orang tuanya ada tugas negara. Misal, Kartu keluarganya domisili surabaya, status orang tuanya bekerja di Kediri, untuk masuk jalur surat tugas dan di sekolah yang dituju sudah pasti diterima.

3. Prestasi Hasil lomba

Jalur prestasi hasil lomba ini, jalur yang strategis sebenarnya. Cuma modal, anak pintar dan ada sertifikat berbagai lomba baik itu akademik maupun non akademik. Bisa menambah bobot untuk diterima. Persentase yang diambil lewat jalur ini sebanyak 5%. Bahkan, ada golden tiket bagi siswa yang punya kelebihan hafal Al-quran. Tentunya dibuktikan dengan sertifikat kalau siswa hafal beberapa jus al-quran

4. Prestasi Nilai Akademik

Persentase yang diambil melalui jalur ini cukup banyak, 25%. Anak-anak yang dengan nilai rapot bagus, bisa masuk jalur prestasi nilai akademik. Dan indeks sekolah juga menjadi pertimbangan. Nilai akreditasi sekolah dan nilai rapor siswa itu sendiri. Yang menjadi pertimbangan, domisili calon siswa juga diperhitungkan.

5. Zonasi

Jalur yang paling membuat geger, hehehe. Zonasi untuk tahun ini diberlakukan, calon siswa harus memiliki KK dan satu keluarga. Maksudnya, KK anak yang daftar harus satu KK dengan orang tua kandung/ wali.

Biasanya, jalur zonasi, menjadi perbincangan hangat. Karena calon siswa, pada KK yang di pakai mendaftar ngikut saudara. Jadi, biar diterima di sekolah idaman, KK anak ngikut domisili tempat tinggal saudara di sekolah bidikan. Tahun ini, pemerintah mengatur, bahwa KK calon siswa harus satu rumah dengan orang tua.

PPDM SMK, ada sedikit perbedaan untuk kursi atau prosentase masing-masing jalur. Untuk jalur afirmasi 15%, pindah tugas 5%, prestasi hasil lomba 5%, zonasi SMK 10% dan prestasi nilai akademik 65%.

Untuk lebih lengkapnya, teman pembelajar bisa download file PPDB SMA/SMK disini ya.

jadwal PPDB SMA

Persiapan Mengikuti PPDB

Mengikuti alur penerimaan peserta didik baru, harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Orang tua, memberikan gambaran apa sja yang harus disiapkan. Guru, memberikan penguatan untuk mempersiapkan semuanya sejak dini.

Rajin Sekolah dan Aktif

Untuk mencetak portofolio hasil belajar yang memuaskan, anak harus dipersiapkan dari sisi akademiknya. Minimal, anak mau mengerjakan tugas, kehadiran tidak ada masalah, dan aktif di dalam kelas, nilai sikap dan nilai akademik anak bagus, nilai akhir dalam satu semester bisa dipastikan baik.

Memiliki Prestasi Penunjang

Tidak harus , tapi, kalau bisa mencapai ini menjadi nilai plus. Karena ini berkaitan dengan hobi dan stimulasi yang diberikan oleh orang tua sejak kecil. Anak, bisa mencetak prestasi akademik dan non akademik menjadi suatu anugerah. Jika punya cita-cita tinggi untuk sekolah di sekolah yang ternama dan track recordnya bagus, why not ?

Ada usaha jauh-jauh hari agar lebih matang dan tidak buat mumet dalam prosesnya.

Memiliki catatan Sikap yang baik

Tidak pernah bikin masalah seperti bolos, tidak mengerjakan PR, dan aktif di kegiatan sekolah menjadi nilai plus untuk mendapatkan penilaian mumtaz oleh guru.

Biaya

Menyoal biaya, perlu dipikirkan secara matang dan tidak bisa dadakan. Yang namanya mau mengikuti jenjang berikutnya, tentunya biaya menjadi pendukung yang tidak boleh ketinggalan. perlu dipikirkan, bagaimana nantinya uang saku harian, jarak sekolah dekat tidaknya dan transportasi apa yang akan digunakan untuk bisa ke sekolah agar, selama prosesnya anak bisa belajar dengan tenang dan nyaman tanpa terkendala biaya.

Kesehatan

Menjaga kesehatan menjadi pendukung juga. Jangan sampai, melalui proses belajar dengan rekam jejak sering sakit-sakitan. Ini juga yang nantinya bisa menghambat proses belajar.

Akhir kata

PPDB SMA maupun SMK sudah keluar juknis dan jadwal yang tertera. yuk, dipersiapkan dari sekarang untuk update informasi dan menyiapkan segalanya agar PPDBnya lancar. Biar bisa masuk sekolah favorit yang telah lama diidamkan.
















Posting Komentar