Mengetahui Manfaat Baca Buku Digital vs Baca Buku Fisik

Mengetahui Manfaat Baca Buku Digital vs Baca Buku Fisik

Daftar Isi
Kehadiran aplikasi buku digital memberikan kemudahan akses, baca dan menajamkan kemampuan literasi dengan membaca versi e-booknya. Bagi siapapun yang ingin punya kebiasaan membaca tapi belum ada budget untuk beli buku fisik, cara ini bisa dilakukan.

Dengan mendownload aplikasi untuk membaca buku online yang telah Bu Windi tuliskan diartikel sebelumnya, teman pembelajar bisa mendapatkan ribuan bahan bacaan digital secara gratis. Pengalaman baca buku digital perlu diterapkan. Namun, jangan meninggalkan juga kebiasaan membaca buku fisik. Any way, lebih suka baca buku di handphone atau lebih senang membaca buku fisik ?

Perbedaan Baca Buku Fisik dan Digital

baca buku digital

Buku dalam format elektronik, baca buku di HP memudahkan pembaca untuk menyantap bahan bacaan dimana saja, kapan saja tanpa repot membawanya dengan beban berat. Sebagai e-reader, cara ini tentu cocok. Baca e-book puluhan, mudah dilahapnya.

Tetap ada kekurangannya, soal kenyamanan akan membuat mata mudah lelah. Pengaruh sinar biru yang mengenai mata, lambat laun akan membuat fungsi mata menurun.

Membaca buku fisik, pembaca akan dimudahkan dengan pengalaman membolak-balikkan lembaran kertas, bisa mencorat-coret kalimat penting yang dikagumi, bisa membaca bagian sisi bab yang ingin di baca lebih dulu, serta bisa menjadi teman bepergian yang bisa ditaruh di dalam tas.

Tetap ada kelemahan juga. Pembaca mengeluarkan biaya yang agak lebih untuk membeli buku dan kalau mau bawa buku porsi banyak saat bepergian, cukup menambah beban berat.

Semua, balik pada tujuan dan pribadi masing-masing, memang. Dicari praktisnya saja.

Sebagai orang tua, saya akan menyarankan anak-anak untuk tetap membaca buku fisik. Jadwal screentime anak bisa dikatakan lebih banyak. Mereka perlu mendapatkan pengalaman berharga dengan memegang buku.

Mulai dari covernya, anak-anak bisa belajar memaknai ilustrasi buku, dan memegang buku fisik dengan detail. Ada banyak ide bertaburan yang bisa dipelajari. Bukan hanya dimanjakan dengan beragam kosa kata yang mencengangkan, membaca buku fisik juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Baca Buku Fisik Baik Untuk Kesehatan

Jika membandingkan, fungsi buku digital sangatlah praktis. Bawa Hp yang di dalamnya  terdownload beragam aplikasi buku digital online, bisa dimanfaatkan keberadaanya. 

Namun, satu yang perlu di bold, membaca buku fisik jauh memberikan pengalaman bermanfaat yang itu tidak bisa dilakukan ketika baca buku digital. Bu Windi jabarkan, manfaat baca buku fisik bagi kesehatan ya :

1. Memberikan Pengalaman Sensorial

Mengasah keterampilan motorik. Memegang buku, memberikan gaya khas tersendiri. Mencium kertasnya, menyentuh akan menambah kesan positif sebagai pembaca ke penulisnya. Ide buat menulis itu sangat mahal lho. pengalaman sensorial menambah kesan memorabel yang bisa meningkatkan semangat menjalani hidup.

2. Melatih Fokus dan Kosentrasi Menjadi Lebih Baik

Ramah di mata. Ketimbang baca e-book, yang setiap kali harus menatap layar, membuat pembaca cenderung susah tidur. Akibat melatonin, mata ikut bekerja. 

Sangat beda kalau teman pembelajar lebih membiasakan baca buku fisik. Selain mengasah konsentrasi, daya ingat dan melatih fokus, membaca dengan pegang bukunya langsung membuat mata lebih sehat. Meski ujung-ujungnya membaca bikin mata ngantuk cepat, ini natural kok. Bisa dilanjut baca buku esok harinya lagi kan?

ketimbang scrol bacaan di aplikasi untuk membaca buku online, kalau Bu Windi lebih senang baca buku fisik.

3. Memiliki Nilai Koleksi

Akan sangat senang jika di rumah atau di sudut ruang belajar, melihat tumpukan buku koleksi. Reminder, jangan hanya sebatas ditumpuk, tapi juga dibaca. Menjadi suatu hal berharga, di era digital, masih ditemukan jejeran buku di rak ? menyenangkan ya ?.

Ada nilai lebih,dari pada baca buku online. membaca buku secara nyata (dipegang), jadi punya koleksi buku yang berjejer cantik di tempat buku. Secara tidak langsung, teman pembelajar juga pasti akan selalu mengingat dimana letak buku, judul buku dan warna covernya.

4. Meredakan Stress

Membaca menjadi aktivitas yang tidak akan memunculkan kerugian. Justru, otak akan semakin terasah dan daya ingat semakin tajam. Minimal, kita tidak membiarkan otak membahas hal-hal unfaedah. Sering membaca, membuat pikiran semakin jernih, terbuka dan kaya wawasan.

Dipercaya mampu meredakan stress. Memilih buku yang syarat makna, memberikan kelapangan hati, untuk mengapresiasi segala ide penulis dari buku yang kita baca. Seraya, mengedukasi diri tanpa menggurui, otak jadi berpikir tenang, membaca, sama halnya mengtransefer pembelajaran hidup yang membuat pribadi lebih mudah bersyukur. Jadi, tidak mudah stress kan /

Bukan untuk membandingkan, mana yang baik dan mana yang kurang baik perihal membaca. Yang penting adalah manfaat dan nilai yang perlu diterapkan untuk gemar membaca. Minimal, kita tahu, mana yang terbaik buat diri. 

Akan lebih bagus, memiliki pengalaman membaca buku digital juga diimbangi dengan membaca buku fisik, atau sebaliknya.

manfaat baca buku fisik

Akhir Kata

Perkembangan jaman dan era digital yang tak terelakkan, terus mengupayakan diri gemar membaca adalah langkah yang tidak sia-sia. Meski, serba digital, fungsi buku digital ebook, tetap diminati. Terlepas dari itu,  pengalaman membaca buku fisik jangan sampai ditinggalkan.

Banyak penulis buku hebat yang perlu kita resapi kalimatnya sebagai sumber nutrisi otak agar kemampuan berpikir, menganalisa dan mengemukakan pendapat makin terasah. 

Banyaknya sumber informasi maya yang kian hari semakin menguji kebenaran. Sebagai pembaca, harus lebih cerdas dalam menelaah bacaan. Salah satunya, dengan gemar membaca buku. Akan memperkaya informasi yang valid.

Yuk, saling bersinergi, untuk tak henti-hentinya mengajak teman-teman mencintai dunia literasi. Salah satunya dengan menjadi pembaca yang baik dan bijak.













Referensi pendukung

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/manfaat-membaca-buku-fiksi/

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/23/190000220/anak-disarankan-baca-buku-fisik-daripada-digital-ini-penjelasannya

https://www.kelasbersama.id/blog/kelebihan-membaca-buku-fisik-dibanding-digital/

17 komentar

Comment Author Avatar
15 Maret 2024 pukul 18.43 Hapus
Awalnya kukira baca buku digital itu keren, tapi lama-lama mata gak kuat, tetap merindukan buku kertas yang aromanya khas bisa menurunkan stress gitu. Memang tergantung masing-masing individu ya, tapi aku masih seneng baca buku fisik apalagi di perpustakaan yang koleksinya banyak juga gratis hehe
Comment Author Avatar
17 Maret 2024 pukul 06.25 Hapus
mengikuti jaman ya mbak. Baca buku fisik juga tak kalah keren kok :)
Comment Author Avatar
17 Maret 2024 pukul 06.48 Hapus
Dari dulu sampai sekarang, walaupun banyak aplikasi penyedia buku digital aku tetap memilih buku fisik. Selain mata kadang suka perih baca dan terlalu lama liat layar huhu. Kalo baca fisik aku paling senang nyium wangi buku, entah kenapa wanginya benar benar khas hihi
Comment Author Avatar
18 Maret 2024 pukul 07.53 Hapus
Aku tim buku fisik deh. Rasanya beda aja kalau baca buku fisik dan digital. Menghidu aroma kertas itu lho bikin candu buatku. Lagian kalau baca digital, mata cepat lelah dan jujur aja jadi mudah terdistraksi saat notif-notif dari medsos bermunculan atau ngasi kode tang ting tang ting hehe
Comment Author Avatar
18 Maret 2024 pukul 09.00 Hapus
Saya tetap lebih suka baca buku fisik. Tapi, beberapa kali beli buku lewat online, ternyata isi bukunya kurang saya sukai. Jadi sekarang installa aplikasi buku digital. Coba baca dulu lewat digital. Kalau suka, baru deh beli buku fisiknya.
Comment Author Avatar
18 Maret 2024 pukul 19.31 Hapus
Membaca buku memperluas wawasan dan pengetahuan, membuka pintu menuju dunia yang luas dan beragam.
Fungsi membaca buku tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai alat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis.
Melalui membaca buku, seseorang dapat mengeksplorasi berbagai sudut pandang, memperdalam pemahaman tentang berbagai subjek, dan mengembangkan daya imajinasi.
Kegunaan membaca buku tidak hanya terletak pada aspek pendidikan, tetapi juga dalam pengembangan kemampuan berkomunikasi, peningkatan keterampilan bahasa, dan pemahaman budaya.
Membaca buku adalah cara yang efektif untuk mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan mental, dan mengembangkan kemampuan empati terhadap orang lain.
Fungsi membaca buku juga terletak dalam kemampuannya untuk memperluas kosakata dan meningkatkan kemampuan menulis.
Kegunaan membaca buku sebagai sarana refleksi diri dan introspeksi, membantu seseorang memahami diri sendiri dan dunia di sekitarnya dengan lebih baik.
Melalui membaca buku, seseorang dapat mengakses pemikiran dan pengalaman orang lain, menginspirasi dan memotivasi untuk mencapai potensi penuhnya.
Fungsi membaca buku sebagai sarana pembelajaran seumur hidup, memperkaya kehidupan seseorang dengan pengetahuan yang tak ternilai harganya.
Kegunaan membaca buku tidak hanya pada saat ini, tetapi juga dalam membentuk masa depan yang lebih baik, baik bagi individu maupun masyarakat secara keseluruhan.
Comment Author Avatar
18 Maret 2024 pukul 20.53 Hapus
Buku digital emang ringan dan mudah dibawa. Apapun bukunya, minat baca perlu terus ditumbuhkan. Sehari satu dua lembar jadilah. Yang penting terus ada asupan wawasan. (Padil)
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 00.04 Hapus
Aku tetep tim yang suka baca buku fisik buuu. Mau gimana juga aku lebih menik,ati harumnya kertas yang dibolak balik. Soalnya kalo baca e-book tuh aku siwer banget, mata ngga kuat. Jadi cuma beberapa halaman aja uda ngga tahan. Jadi lebih suka bawa buku fisik ke mana2 sih.
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 07.05 Hapus
masing masing punya kelebihan dan kekurangan. kalau aku pribadi sih tetep suka buku fisik karena emang lebih nyaman dibaca, Lebih nyaman saat menyentuh ketika ada yang terasa. Apalagi kalau beli buku baru saat buka buku plastik selalu ada aroma khasnya
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 11.11 Hapus
Sepakat banget kalau anak-anak sih lebih baik membaca menggunakan buku fisik dan bukan membaca di Hp. Pengalaman saya pribadi yang sering baca termasuk baca buku di Hp, endingnya mata saya sekarang ini jadi mulai kabur dan mengalami penurunan kemampuan.
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 16.28 Hapus
kalau daku sebenarnya lebih suka baca buku fisik ketimbang yang digital.
karena kalo buku fisik bisa dikasih tanda stiker warna-warni, dibawa kemana-mana lebih santuy. kalo buku digital, adakalanya silau sama sinar dari gawainya hehe
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 18.21 Hapus
Kalau buku saya lebih senang membaca buku fisik kak, selain sensasi yang beda juga bisa menjaga mata nggak terlalu lelah saat membaca di HP
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 18.56 Hapus
Dua duanya seru sih kalau soal baca, aku tuh saat ini udah jarang baca buku fisik, lebih banyak baca dengan cara megang hape. Namun kalau baca via hape rasanya gimana gitu, nggak ada aroma kertas
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 19.03 Hapus
Awalnya aku suka digital book. Tapi seringkali terbatas dengan baterai gadget. Kalau buku fisik memang rentan lecek atau rusak. Tapi biasanya agak lama.
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 21.19 Hapus
Kalau saya tim yang memilih baca buku fisik. Entahlah, rasanya aroma buku yang dipegang sambil dibaca itu bikin nyaman, apalagi kalau memang tema bukunya sangat mendukung mood kita
Comment Author Avatar
19 Maret 2024 pukul 22.12 Hapus
Jadi inget kata-katanya Najwa Shihab, "Bangsa yang cinta membaca, bangsa yang tingkat literasinya tinggi, cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca, cari buku itu mari jatuh cinta".
Comment Author Avatar
21 Maret 2024 pukul 20.54 Hapus
Baik buku digital maupun buku fisik, semua ada manfaatnya
Membaca buku merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat
Kalau aku tim buku fisik